Beberapa minggu yang lalu SLR pernah
menulis tentang beda penggunaan antara jenis CDI BRT Dualband, maka kali
ini SLR akan membahas lagi mengenai CDI Dual band ini akan tetapi
mengenai penerapannya. Mungkin braders yang sudah memasang CDI ini
tidak begitu ngeh ataupun sadar akan kegunaan dual band’nya…!!! Jika
diterapkan dengan benar akan sangat membantu rider saat berakselerasi.
Kebanyakan rider mengaktifkan band keduanya tidak tepat pada saat yang
tepat, alias tidak tau fungsi yang sebenarnya atau juga asal aktifin
saja.
Menurut suatu sumber yang SLR dapat, BRT
Dualband juga bisa dijadika Booster guna meningkatkan ataupun
mempercepat naiknya Rpm. Jika diaktifin di saat yang tepat akan
mempercepat naiknya Rpm, yaitu saat rider menekan handel kopling ataupun
saat rider melepas kembali handel kopling sewaktu perpindahan gigi
persneling. Disaat perpindahan gigi persneling inilah terjadi drop Rpm
yang disebabkan berubahnya rasio gigi dari ringan ke berat. Agar tidak
terjadi drop terlalu dalam inilah band ke-2 diaktifkan…. so….Rpm pun
akan cepat naik tanfa banyak drop alias langsung ngejoooos.
Naaah…. yang mengaktifkan ini ada dua sistem switch/saklar, diopersikan secara manual dan di opersikan me
nggunakansaklar/ micro switch (saklar
rem depan) yang tertempel di handel kopling. yang diopersikan secara
manual sudah tentu semua orang pada tau, tinggal pencet saat perpindahan
gigi. Sedangkan yang menggunakan micro switch, kurva dua aaktif saat
handel kopling di pencet, mengenai pemasangan switchnya lihat gambar
diatas.
Gimana???? udah mulai ngertikan gimana BRT Dual-band itu???
Tidak ada komentar:
Posting Komentar